Belajar Analisis Teknikal Part 1: Trendline

Hai, para pembaca yang budiman! Kali ini aku mau share sesi belajar terbaru mengenai saham. Di awal 2020 ini, aku mulai ikut kelas analisis saham yang diselenggarakan gratis untuk nasabah Mandiri Sekuritas, atau dikenal sebagai Technical Workshop. Workshop yang diadakan oleh Mansek ini terdiri dari beberapa tahap, yakni Technical Analysis 1 (TA-1), TA-2, dan TA-3; dan dibawakan oleh Hadiyansyah, CFTe (yang selanjutnya akan kita panggil Kang Hadi).

Pada TA-1, silabus yang dibahas adalah Pengantar Analisis Teknikal dan Support – Resistance. Disini, kita belajar memahami 3 bentuk trend dan cara menentukan trend yang sedang berlangsung. Setelah menentukan trend, barulah kita bisa memutuskan beli atau jualnya suatu saham.

Kang Hadi dengan sabar (dan kocak) juga membantu para peserta membentuk mindset yang benar dalam bertransaksi saham. Kalimat pamungkasnya adalah “Yang penting cukup cuannya”. Lakukan dengan disiplin agar tidak menyesal di kemudian hari.

Terdapat dua analisis yang digunakan dalam menganalisis saham, ada analisis fundamental dan teknikal. Analisis fundamental dilakukan berdasarkan kinerja emiten/perusahaan tersebut, sedangkan analisis teknikal berdasar pada trend yang dibentuk oleh pelaku/partisipan pasar modal. Trend adalah kecenderungan pergerakan harga. Trend bisa berlangsung dalam jangka waktu yang beragam: long-term (primary, 9 bulan – 2 tahun), medium-term (secondary, 6 minggu – 9 bulan), short-term (harian – mingguan), dan intraday (menit – jam). Sedangkan dari arahnya, trend dapat bergerak naik (bullish), turun (bearish), maupun menyamping (sideways).

Nah, sekarang aku akan berusaha recap dan review analisis teknikal yang kupelajari bersama Kang Hadi dan nasabah-nasabah Mansek lainnya.

Kita coba studi kasus dengan beberapa saham ya. Saham yang kujadikan contoh adalah Bank Mandiri (BMRI), Aneka Tambang (ANTM), dan Unilever Indonesia (UNVR). Aplikasi yang kupakai disini adalah MOST yang dimiliki oleh Mandiri Sekuritas. Teman-teman bisa juga pakai aplikasi gratis seperti ChartNexus untuk belajar ‘melukis’ analisis teknikal. Let’s go!

One thought on “Belajar Analisis Teknikal Part 1: Trendline

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s