Belajar Analisis Teknikal Part 1: Trendline

Aneka Tambang (ANTM)

Jika dilihat pada chart ANTM di bawah ini, terdapat 3 major trend yakni bullish-bearish-bullish. Hingga pada akhirnya, terdapat breakdown menembus garis support di Rp875, sehingga disinyalir untuk jual saham ANTM.

Unilever Indonesia (UNVR)

Saham UNVR November 2015 – Januari 2020

UNVR telah mengalami sideways yang cukup panjang selama 5 tahun tanpa pergerakan harga yang cukup signifikan, yakni Rp7.400 di akhir tahun 2015 dan sekarang berkisar di Rp8.000-an. Namun, bagi para trader yang bergerak dengan jangka menengah, mereka akan bisa mengambil keuntungan dari pergerakan harga UNVR, seperti yang terlihat di chart atas. Bahkan, UNVR pernah mencapai harga terendah dan tertingginya dalam timeframe 5 tahun tersebut.

Bagaimana dengan UNVR di tahun 2020? Coba kita cek chart di bawah ini.

Setelah turun cukup dalam, harga UNVR mulai menanjak kembali dari bulan Mei hingga Agustus 2019. Lantas memasuki fase bearish kembali hingga sekarang. Bisa dilihat di line paling kanan, harga UNVR mulai menguji garis resistance. Jika garis ini bisa beneran ditembus, maka diindikasikan bahwa fase bearish akan berakhir dan kita bisa siap-siap untuk beli UNVR šŸ™‚

Baiklah, sekian belajar analisis teknikal bagian 1 tentang trendline serta garis support-resistance. Sampai bertemu di agenda belajar selanjutnya!

One thought on “Belajar Analisis Teknikal Part 1: Trendline

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s