Zomato Gold: Banyak Ruginya?

Hai hai. Break sebentar dari belajar Technical Analysis, sekarang aku mau review Zomato Gold. Ternyata setelah kutelusuri, sedikit sekali honest review tentang Zomato Gold ini. Kebanyakan, ujung-ujungnya mereka share promo code masing-masing untuk diskon membership.

Berhubung membership-ku akan habis dan sudah wara-wiri penawaran perpanjangannya, maka sekalian kucoba untuk review pemakaian Zomato Gold-ku dan menilai seberapa efektif kah penggunaannya. Is it worth to renew the membership?

Harga Membership

Keanggotaan Zomato Gold pada tahun 2019 seharga Rp250.000,00 per tahun. Bermacam-macam diskon bertebaran saat itu, tapi aku membelinya pada saat diskon 20%, jadi total yang kubayarkan di awal sebesar Rp200.000,00.

Pemakaian

Sepanjang 3 Maret 2019 – 24 Januari 2020, aku memakai membership Zomato Gold ini sebanyak 14 kali saja. Sedikit ya? Jika dirata-ratakan, hanya sekali sebulan. Ada pun dari 14x pemakaian tersebut, 13 di antaranya adalah 1+1 food. Bagiku, 1+1 food lebih menyenangkan untuk digunakan karena hanya butuh untuk mengajak satu orang saja, jadi nggak ribet-ribet amat negosiasi “mau makan apa dimana”. Tapi kalau 2+2 drinks, ketika hanya makan berdua saja nggak mungkin dong minumnya 4 gelas. Sebagian besar coffeeshop pun mengikuti program free food dibandingkan free drinks. Maka dari itu, pertimbangan untuk memilih restoran yang promonya 2+2 drinks makin sulit dan pemakaiannya lebih terbatas.

Dari total 14x pemakaian tersebut, aku hanya membayar jumlah makan sebesar Rp2 juta, dimana pada case normal aku harus membayar Rp3,1 juta. Berarti, aku mendapatkan free food/drinks sejumlah Rp1,1 juta alias 34% dari total bill yang kubayarkan. Wah, dengan investasi membership sebesar Rp200 ribu, aku mendapatkan return sebesar 400%. Lumayan ya.

Jenis Restoran

Pilihan restoranku yang biasanya dipilih untuk menikmati Zomato Gold ini adalah restoran dengan budget Rp100-125 ribu per orang. Pun areanya hanya berkisar di daerah Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan. Jenis restorannya bermacam-macam, mulai dari steakhouse, Japanese, Korean, Vietamese, Indonesian, and so on.

Milih restoran pun juga ada triknya. Paling utama lihat rating lalu reviewnya di app Zomato. Dari review tersebut, kita bisa paham makanan apa yang termasuk dalam promo gratisan Gold atau tidak. Sebagian besar restoran tidak memasukkan meal set, special, dan signature dish ke dalam promo tersebut.

Penghematan

Terlepas dari banyaknya aspek positif di atas, ada aspek-aspek lain yang harus kuperhatikan dalam pertimbangan renew membership Zomato Gold ini. Dalam satu bulan, bisa dihitung aku dining out sebanyak kurang lebih 4x, yakni 1x dengan keluarga, 1x dengan teman kantor setiap habis gajian, dan 2x untuk pacaran. Dengan rata-rata pemakaian Zomato Gold aku hanya 1/4 dari total dining out tersebut, berarti 3/4 x aku tidak memakai Gold tersebut dong?

Big yes. Pada kebanyakan kasus, akan ada hal-hal seperti restoran langganan tidak termasuk di promo Gold, tidak ada restoran Gold yang seru/cocok di area terdekat, atau lagi pengen makan murah aja di kaki lima. Untuk lebih detailnya, coba kulihat total pengeluaran makanku selama ini.

Sepanjang 9 bulan, total pengeluaran untuk makanku sebesar Rp10,7 juta. Fraksi terbesar ada di biaya dining out dengan kerabat dan keluarga (54,2% atau Rp 5,8 juta), jajan (26,4% atau Rp2,8 juta), lalu lunch kantor (19,4% atau Rp2,1 juta). Dari pengeluaran tersebut, dapat kufilter bahwa aku dining out sebanyak 31x. Secara perhitungan kasar, bisa dibilang bahwa value penggunaan Zomato Gold-ku hanya sekitar 35% dari total dining out.

Kesimpulan

Setelah evaluasi membership selama setahun ini, bisa kusimpulkan:

  1. Pemakaian Zomato Gold akan berasa banget jika dipakai minimal sebulan sekali. Mau dipakai setiap hari? Ya boleh aja, tapi jangan sampai budget makan sehari-hari jadi membengkak karena hanya ingin memanfaatkan diskonan ini. Stay wise and responsible on your budget!
  2. Walaupun menu restoran yang disertakan dalam promo gratis Gold ini terbatas, namun membership ini tetap menarik karena chance untuk berpetualang mencoba restoran yang belum pernah dicoba sebelumnya.
  3. Membership Zomato Gold ini berguna banget untuk yang tinggal di area Jakarta dan Tangerang. Aku kurang paham dengan daerah-daerah lain, tapi menurut teman di Bogor sih kurang banyak tenant yang bergabung dengan Gold, jadi agak rugi kalau domisili berkisaran daerah Bogor.
  4. Perhatikan kejutan-kejutan menarik dimana harga membership juga di-korting pada momen tertentu. Saat ini, aku mendapatkan diskon 60% menjadi Rp100 ribu.
  5. Walaupun penggunaan Gold-ku hanya 35%, tapi membership ini merupakan sesuatu yang nice to have. Jika situasi dan kondisi memungkinkan untuk memakai Zomato Gold, maka dipakai lah. Jika sedang tidak ingin dipakai, ya sudah pilih yang lain. So, will I renew my Zomato Gold membership? Yes, for sure!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s