My Love from China: Robot Vacuum Xiaomi Mijia 1C

Halo! Akhirnya bisa kembali dengan ulasan yang sebenarnya sudah tidak sabar kutunggu-tunggu. Kali ini aku akan bahas robot vacuum, tepuk tangan yang meriah! Robot vacuum merek Xiaomi ini aku dapatkan sebagai kado pernikahan dari sahabatku yang super baik hati, Icha. Sebelum aku menikah bulan November lalu, Icha menanyakan kado apa yang kuinginkan. Tanpa basa basi dan sedikiiit bercanda, aku jawab saja “Robot Vacuum Cleaner“. Aku tahu betul kapasitas bebersih aku dan (saat itu) calon suami yang sama-sama bekerja full-time, sehingga adanya robot yang bisa membersihkan lantai akan sangat membantu kami di kehidupan berdua nantinya.

Aku ga ada patokan merek apapun, namanya kado pastinya akan kuterima dengan senang hati dong selama masih dalam konteks yang gw inginkan. Ternyata, Icha menghadiahkan aku robot vacuum Xiaomi Mijia 1C yang merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini! Wuah, pastinya senang banget, tapi sebal juga karena aku tahu harganya cukup mahal hingga jutaan rupiah. Bismillah, jadi amal jariyah buat kamu yah Cha, karena kugunakan dengan rajin, setiap aku ngelihat itu robot bebersih aku selalu berucap syukur dalam hati mendoakan kamu, dan sekarang aku tulis ulasan yang semoga bermanfaat untuk teman-teman yang membaca. Guis, mari berdoa semoga rezeki Icha tambah lancar yaaaah (AAAMIN YANG KENCANG BARENG-BARENG). Oke kuy, kita mulai ulasan Xiaomi Mijia 1C!


Aktivasi
Xiaomi Mijia 1C yang aku dapatkan ini dikemas apik beserta buku petunjuk dalam bahasa Mandarin, tidak ada buku dalam versi English dan bahasa lainnya. Di dalam boks terdapat 1 robot vacuum, 1 dock charger beserta kabel, 1 kontainer debu beserta filter HEPA, 1 roller brush, 1 side brush, 1 tangki air, 1 kain pel, dan 1 comb yang harus dipasang sendiri. Nah, robot ini sudah berisikan baterai sebanyak 60%, jadi bisa langsung dinyalakan tanpa harus di-charge di awal. Setelah menekan tombol ‘Power’ dan ‘Home’ secara bersamaan selama 10 detik, Mijia 1C akan menyala dan bersuara yang tentunya dalam bahasa Mandarin.

Untuk menghubungkan robot ini dengan perangkat mobile/ handphone, terlebih dahulu harus download aplikasi Mi Home di Play Store. Dari sini, bisa scan QR Code yang ada di buku petunjuk dalam dus, atau mengaktifkan koneksi bluetooth. Simpel dan mudah. Jangan takut, terdapat banyak pilihan bahasa di aplikasi Mi Home ini, dimana kita juga bisa merubah suara di robot vacuum!


Mode Bebersih
Robot vacuum Xiaomi Mijia 1C ini dilengkapi dengan empat mode bebersih (menyapu dan menghisap kotoran): Silent, Standard (lantai biasa dan kayu), Strong (karpet helai pendek), dan Turbo (karpet helai panjang). Semakin berat medan yang dihadapi oleh robot vacuum, maka suara hisapnya akan semakin berisik dan baterai akan cepat habis.

Saat robot vacuum bekerja, tangki air + kain pel bisa dipasang maupun dilepas. Namun, aku menyimpulkan baiknya kegiatan bebersih ini dibagi dua fase, dimana fase kedua dipasang tangki air + kain pel agar kain pel tidak cepat kotor karena pembersihan fase pertama. Logikanya sama seperti kita menyapu dan mengepel secara manual 😉

Nah, berbeda dengan beberapa merek robot vacuum lainnya, Xiaomi Mijia 1C tidak dilengkapi dengan inlet cairan desinfektan atau pembersih lantai. Aku kurang paham apakah tangki air Xiaomi ini didesain untuk menampung cairan selain air, sehingga aku mengakalinya dengan mencelup kain pel ke cairan desinfektan atau pembersih yang telah diencerkan sebelumnya, lalu memasang kain pel tersebut ke tangki air, barulah dipasang ke robot vacuum.


Pemetaan
Sebagai robot vacuum yang smart, tentu saja Mijia 1C bisa menyimpan peta lantai yang sudah pernah dia bersihkan sebelumnya. Cukup nyalakan dan biarkan ia bebersih hingga selesai tanpa diinterupsi, lalu Mijia 1C akan menyimpannya dalam memori yang bisa kita akses di menu ‘Map Management’. Setelah peta tersimpan dalam memori robot, maka kita bisa memasang ‘virtual walls/ restricted area‘ agar robot vacuum bisa menghindari area-area yang tidak kita inginkan untuk diganggu. Pun kita bisa mengatur area pembersihan dengan ‘zoned clean-up‘, sehingga robot vacuum dapat fokus membersihkan area yang kita inginkan tersebut.

Namun, memori peta ini seakan menjadi tidak berfungsi saat dock charger tidak tersambung aliran listrik. Jika charger tidak tercolok, maka gerak robot vacuum akan cenderung berantakan dan biasanya tidak akan kembali ke dock charger saat bebersih selesai. Seakan-akan lupa rumah gitu lah jadi nggak bisa pulang, haha. Sayangnya, Xiaomi Mijia 1C ini hanya bisa menyimpan satu peta saja, jadi untuk hunian dua lantai sebaiknya memilih robot vacuum yang lain yang bisa menyimpan dua peta dan lebih.


Pemeliharaan
Seperti barang elektronik lainnya, sudah seyogyanya kita rawat dan sayang baik-baik agar bisa menemani kita dengan umur yang panjang. Berhubung robot vacuum ini bekerja kotor-kotoran demi kita, maka ada beberapa perawatan yang harus dilakukan secara berkala. Setelah bebersih, tangki air harus segera dilepas, kain pel dicuci bersih, serta kotak debu harus segera dikosongkan agar pembersihan berikutnya dapat dilakukan secara maksimal. Jika dirasa perlu, cuci kotak debu dan filter HEPA agar bersih dari debu yang menempel.

Bagian robot vacuum yang tersembunyi juga tidak boleh luput dari pemeliharaan. Setidaknya dua minggu sekali atau kurang, balikkan robot vacuum dan preteli bagian bawahnya untuk dibersihkan. Biasanya, banyak rambut atau benang yang menyangkut di bagian bulu sikat. Nah, ini juga harus telaten dirawat agar kerja sikat tidak terkena halang rintang.


Kesimpulan
Setelah dua bulan pemakaian, aku merasa lantai lebih bersih dibanding aku atau suami yang menyapu dan mengepel sendiri. Ajaibnya, sang suami yang sering batuk dan bersin akibat reaksi alergi debu berkurang drastis sejak ada robot vacuum ini. Sotoy-sotoy-an aku, filter HEPA yang ada di robot vacuum Xiaomi Mijia 1C inilah yang berkontribusi besar dalam menurunnya jumlah partikel debu yang ada di rumah. Wow!

Walau banyak sisi positifnya, Xiaomi Mijia 1C memiliki kekurangan yang sudah kuceritakan di atas, dan semoga bisa menjadi pertimbangan untuk teman-teman sebelum membelinya. Menurutku, Xiaomi Mijia 1C adalah robot vacuum pilihan terbaik saat ini dan pastinya sangat membantu dalam kenyamanan hidup sehari-hari.

Salam hangat,
Farah dan Si Mbok aka Mijia 1C 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s