Medical Check-Up di RS Siloam: So Easy!

Hayooo, sudahkah kamu medical check-up tahun ini? Pertengahan usia 20-an merupakan usia yang tepat untuk memulai ritual medical check-up (MCU). Well, pola hidup yang berubah menjadi lebih minim aktivitas serta semakin banyak konsumsi fast food menjadi motif utama dalam urgensi cek kesehatan bagi generasi muda.

Nah, kali ini aku dan suami memilih untuk MCU di RS Siloam Kebon Jeruk. Kenapa sih kami pilih Siloam? Website MCU Siloam memungkinkan kami untuk booking slot dan pembayaran MCU via website, cukup log-in dengan nomor handphone. Jadi, nggak perlu repot dan njelimet telepon ke RS untuk tanya-tanya jadwal dan paket MCU. Pilihan paketnya pun beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan (oh tentu saja kemampuan dompet juga). So easy, lah!

Paket MCU paling ekonomis yang ditawarkan RS Siloam adalah Ruby dengan kisaran harga 600 ribu rupiah, Silver dengan harga sejutaan, dan Jade dengan harga 1,5 jutaan. Isi paket semakin lengkap seiring dengan kenaikan harga, serta ada perbedaan harga tergantung lokasi RS yang dipilih. Ada juga paket yang lebih mahal dan lengkap daripada tiga paket yang kusebutkan disini, tapi skip kubahas karena menurutku kurang ekonomis untuk usia 20-30an. Pun terdapat perbedaan pada paket untuk pria dan wanita, dimana wanita mendapatkan opsi pemeriksaan payudara dan kanker serviks.

Berhubung aku membutuhkan pemeriksaan payudara dan kanker serviks, maka aku memilih paket Jade Female + Pap Smear, sementara suami memilih untuk memilih paket yang paling ekonomis yakni Ruby Male. Untuk melihat isi paket lebih detail, bisa lihat tabel di bawah ini.

Siloam Jade Female + Pap SmearSiloam Ruby Male
Harga (RS Siloam Kebon Jeruk)Rp1.920 ribuRp680 ribu
Isi Paket
1. Analisis UrineUrine Lengkap Urine Lengkap
2. Darah LengkapFull Blood Count Full Blood Count
3. KonsultasiPemeriksaan Fisik Lengkap Pemeriksaan Fisik Lengkap
4. Pemeriksaan DiagnostikRontgen Thorax, USG Abdomen Rontgen Thorax
5. Pemeriksaan Fungsi GinjalCreatinine, Ureum, Uric Acid Creatinine, Ureum, Uric Acid
6. Pemeriksaan Fungsi HatiAlkaline Phosphatase, Bilirubin Total
(direct & indirect), Gamma GT,
SGOT-SGPT
SGOT-SGPT
7. Pemeriksaan KardiovaskularECGECG
8. Profil Lemak Cholesterol (Total, LDL, HDL),
Triglyceride
Cholesterol (Total, LDL, HDL),
Triglyceride
9. Skrining DiabetesGlukosa Puasa Glukosa Puasa
10. Skrining Penyakit MenularAntiHbs, HbsAg
11. Pemeriksaan PayudaraUSG Mamae
12. Screening Kanker ServiksPap Smear
Harga dan isi paket MCU di RS Siloam Kebon Jeruk per Agustus 2021 (Sumber: MCU Siloam Hospitals)

D-Day Medical Check-Up
Pada hari-H MCU, kami datang pukul 08.00 WIB sesuai petunjuk. Jam 07.30-08.00 adalah waktu terbaik untuk registrasi MCU karena cenderung lebih sepi dibandingkan jam setelahnya, jadi kami mengusahakan datang lebih awal untuk menghindari keramaian antrian. Setelah kami melakukan registrasi ulang di konter MCU, kami diarahkan untuk briefing di ruang tunggu MCU dan diberikan kertas kecil yang berisikan list pemeriksaan MCU masing-masing.

Pemeriksaan yang paling pertama dilakukan adalah ambil sampel darah dan urine, lalu peserta MCU menunggu panggilan untuk pemeriksaan lainnya. Waktu tunggu untuk masing-masing pemeriksaan tidak begitu lama dan dilakukan secara acak, yang penting checklist di kertas kecil itu terisi dan terselesaikan. Secara keseluruhan, suami menghabiskan waktu sekitar 2 jam, sedangkan aku membutuhkan waktu 3 jam untuk menyelesaikan semua pemeriksaan. Hasil MCU bisa diambil dan dikonsultasikan setelah 5 hari kerja.

FYI sebelum medical check-up, peserta wajib untuk melakukan hal berikut:

  1. Wajib puasa 10-12 jam sebelum pengambilan darah, dan hanya diperbolehkan minum air putih selama puasa serta tidak boleh mengkonsumsi suplemen/vitamin, alkohol dan merokok.
    Jangan khawatir, sarapan akan disediakan oleh pihak Siloam yang bisa disantap setelah pengambilan sampel darah atau USG abdomen;
  2. Jika berkacamata, bawa/pakai kacamatanya dan jangan pakai lensa kontak;
  3. Istirahat yang cukup, dan hindari beraktivitas fisik berat atau lembur sebelum MCU;
  4. Khusus untuk wanita, diinstruksikan untuk melakukan MCU 5 hari setelah menstruasi berakhir. Ini akan berpengaruh pada kondisi payudara (hormonal), kebersihan sampel urine (jika ada darah/flek menstruasi yang masuk ke dalam sampel urine akan menimbulkan bias), serta kenyamanan prosedur pap smear.

D+7 Medical Check-Up
Sebenarnya hasil MCU ini sudah bisa diambil 3-4 hari kerja, namun pasien memiliki jatah waktu hingga 1 bulan. Pada saat konsultasi, dokter akan menjelaskan diagnosa awal, hasil laboratorium, serta rekomendasi untuk ke depannya. Sebagai dokumentasi, pasien mendapatkan hasil rontgen dan USG, serta summary seluruh rangkaian MCU yang dilakukan. Hasil MCU ini juga bisa digunakan untuk tindakan lanjutan ke dokter spesialis.

Aku dan suami dinyatakan ‘sehat dengan catatan’ oleh dokter. Wah, catatannya lumayan juga nih karena ada banyak hal yang terungkap dari cek sampel darah. Oh iya, walaupun suami mengambil paket MCU yang paling ekonomis, hasilnya cukup lengkap sehingga bisa kami jadikan patokan utama dalam evaluasi gaya hidup ke depannya.


So far, positif banget sih pengalaman MCU di RS Siloam Kebon Jeruk. Walaupun di masa pandemi, kami merasa nyaman untuk datang ke rumah sakit dan melakukan semua prosedur dengan tenang, apalagi tenaga kesehatannya yang profesional, ramah, dan atentif. Jika teman-teman memiliki pengalaman MCU di Siloam atau RS/lab lainnya, yuk yukkk bagi-bagi ceritanya. Atau jika ada yang ingin bertanya mengenai prosedur yang aku dan suami lalui saat MCU, kami akan mencoba menjawab dengan sebaik mungkin 😉

Salam sehat,
Farah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s